Rabu, 04 Mei 2011

Pencegahan Strok


Penyakit Strok dan Pencegahannya
Strok merupakan penyakit yang menyebabkan kefatalan  bagi manusia, mereka yang terkena stroke biasanya, mudah putus asa dan keseimbangan jiwa akan menurun drastis.  Biasanya penyakit stroke pada awalnya merasa sebagian tubuhnya terasa kaku atau mati dan tidak terasa jika dipijit, atau disebabkan oleh fikiran yang tidak seimbang sehingga raganya seakan melayang dan jasmaninya dalam posisi lemah. Selain itu sirkulasi darah tidak seimbang menyebabkan sering marah-marah (darah tinggi), pikirannya kacau, tidak kuat untuk menahan emosi dan tidak mau berfikir panjang.
Jika anda atau teman serta saudara mempunyai hal seperti itu cepatlah di bawa ke dokter atau perlu cek ke laboratorium, rumah sakit atau yang lainnya menurut anda bisa mengatasi permasalahan tersebut. Untuk mencegah secara preventif  perlu ambil langkah praktis yang harus dilakukan  diawal sebelum anda masuk rumah sakit yaitu dengan cara :
·         Konsentrasikan pikiran hati dan egois anda kepada Sang Maha Pencipta Allah SWT.
·         Ambilah posisi duduk timbuh dengan jempol saling bersentuhan dan tangan diatas lutut, mengepal jempol tangan dimasukan gegaman dan ambil nafas sedalam dalamnya dan keluarkan dengan panjang lakukan it uterus dengan teratur sampai pikiran bisa menyatu dengan kondisi tubuh dan hati.
·         Selesai melakukan duduk berdirilah dengan cara ambil posisi kuda kuda menselakangkan kedua kaki usahakan agak  rendah lalu ambil nafas kembali dengan teratur lalu lepas begitu seterusnya.
·         Semuanya itu pusatkan pada Sang Maha Pencipta Allah SWT dengan  ber istiffar dan mengakui bahwa dirinnya tiada artinya tanpa pertolongannya.
Stroke merupakan penyakit pada otak yang paling destruktif atau berat, termasuk beban psikologis, fisik, dan keuangan yang besar. Pada dasarnya banyak orang takut akan menjadi cacat oleh stroke dibandingkan dengan kematian, makanya faktor utama yang harus dilakukan adalah dengan mengingat akan Sang KholiqNya yaitu Allah SWT.
Adapun pencegahan Strok bisa dilakukan dengan cara berlatih secara rutin di Melati Putih, karena semua percaya dan yakin bahwa tidak ada seorangpun yang menginginkan penyakit itu ada dalam tubuh kita ataupun keluarga kita, lalu bagaimana cara pencegahan yang tidak memerlukan biaya yang begitu banyak :
1.      Lakukan pencegahan dengan olah raga atau senam sesuai apa yang saudara  senangi kalau disini tentunya dengan Senam pernafasan dan terapi tubuh dengan “Melati Putih”.
2.      Kerjakanlah latihan tersebut secara kontinyu sehingga sirkulasi pernafasan akan selalu terkontrol dengan baik.
3.      Usahakan posisi tidur tidak terlentang karene tidur terlentang bisa membuat otot-otot dalam tubuh atau  postur tidak bekerja juga mengakibatkan semakin cepatnya terjadi penurunan kekuatan.  Usahakan untuk  mengambil posisi duduk , minimal posisi tidur miring. (karena dengan miring tubuh akan mudah untuk  bernafas dan tulang belakang akan merasa bebas terkena udara).
4.      Netralkan seluruh beban atau pikiran yang dapat mengganggu terjadinya Strok misalnya: jangan sering kecewa terhadap orang lain, kendalikan emosi yang berlebihan, cegah minuman yang ber akohol tinggi, bangun semangat dan keyakinan bahwa segala sesuatu yang terjadi itu pasti ada kendalinya, apa itu ? yaitu hati.
Kiranya ini artikel tentang strok semoga akan menambah wawasan bagi kita, dan menjadi bahan maupun pengalaman yang bermanfaat untuk mengambil langkah preventif jika kita atau saudara mengalami gejala tersebut.

Penulis
Kirman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar